Langsung ke konten utama

Sistem Koordinat Dalam GIS (Geographic Information System/Sistem Informasi Geografis)

Apakah yang dimaksud dengan sistem koordinat dalam Sistem Informasi Geografis atau GIS?

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang sistem koordinat, tulisan ini adalah artikel berseri yang membahas tentang pengertian sistem koordinat, jenis sistem koordinat, proyeksi dan atau transformasi koordinat peta, konversi koordinat satu sistem proyeksi ke sistem proyeksi lainnya, dan banyak hal lainnya.

Pengertian Sistem Koordinat
Memahami sistem koordinat bumi sangat penting bagi pengguna software GIS. Sistem koordinat memungkinkan set data geografis untuk menggunakan lokasi umum untuk integrasi. Sistem koordinat adalah sistem referensi yang digunakan untuk mewakili lokasi fitur geografis, citra, dan pengamatan, seperti lokasi Global Positioning System (GPS), dalam kerangka kerja geografis yang umum.

Setiap sistem koordinat ditentukan oleh yang berikut:

  • Kerangka pengukurannya, yang merupakan geografis (di mana koordinat bola diukur dari pusat bumi) atau planimetri (di mana koordinat bumi diproyeksikan ke permukaan planar dua dimensi)
  • Unit pengukuran (biasanya kaki atau meter untuk sistem koordinat yang diproyeksikan atau derajat desimal untuk lintang-bujur)
  • Definisi proyeksi peta untuk sistem koordinat yang diproyeksikan
  • Properti sistem pengukuran lainnya seperti spheroid referensi, datum, satu atau lebih paralel standar, meridian pusat, dan kemungkinan pergeseran dalam arah x dan y


Beberapa ratus sistem koordinat geografis dan beberapa ribu sistem koordinat yang diproyeksikan tersedia untuk digunakan. Selain itu, Anda dapat menentukan sistem koordinat hasil kustom Anda sendiri.

Jenis sistem koordinat
Berikut ini adalah dua jenis umum sistem koordinat yang digunakan dalam sistem informasi geografis (SIG):

  • Sistem koordinat global atau bola seperti lintang-bujur. Ini sering disebut sebagai sistem koordinat geografis.
  • Sistem koordinat yang diproyeksikan seperti universal transverse Mercator (UTM), Albers Equal Area, atau Robinson, yang kesemuanya (bersama dengan banyak model proyeksi peta lainnya) menyediakan berbagai mekanisme untuk memproyeksikan peta permukaan bola bumi ke koordinat Cartesian dua dimensi pesawat. Sistem koordinat yang diproyeksikan disebut sebagai proyeksi peta.
  • Sistem koordinat (baik geografis maupun yang diproyeksikan) menyediakan kerangka kerja untuk menentukan lokasi dunia nyata.
Artikel berikutnya akan membahas sistem referensi spasial dan sistem koordinat geografis.

sumber : Coordinate systems, map projections, and geographic (datum) transformations http://resources.esri.com/help/9.3/arcgisengine/dotnet/89b720a5-7339-44b0-8b58-0f5bf2843393.htm